Ragam Manfaat Jeruk Nipis Untuk Pengobatan


Jeruk Nipis sudah tidak asing lagi terdengar, buah ini merupakan salah satu dari sekian banyaknya jenis jeruk yang ada. Dari berbagai macam jenis jeruk, jeruk yang satu ini termasuk salah satu jeruk yang banyak memiliki khasiat dalam pengobatan tubuh. Maka dari itu saya mencoba untuk berbagi informasi tentang beberapa manfaat dari jeruk nipis ini, walaupun masih banyak sekali manfaat dari buah yang satu ini.

1. Mengobati batuk
Salah satu obat batuk yang praktis dan mudah dibuat adalah jeruk nipis yang dicampurkan dengan beberapa bahan alami lain. Banyak versi obat batuk dari jeruk nipis, Anda bisa memilih yang dirasa suka dan benar-benar mampu menyembuhkan batuk yang Anda alami.
Salah satu resepnya adalah menyiapkan bahan berupa air perasan dari satu buah jeruk nipis, sesendok madu, dan sedikit garam. Campur semua dalam sendok hingga garam larut, saring, minum ramuan 2-3 kali sehari. Jika tidak ingin repot Anda cukup mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan
kecap.

2. Meredakan Infeksi Pada Penggorokan
Terjadinya infeksi pada saluran tenggorokan atau istilah penyakitnya adalah radang tenggorokan membuat nafsu makan berkurang karena untuk menelan makanan terasa tidak nyaman. Jika dibiarkan pasti akan menimbulkan masalah lain.
Anda hanya butuh ramuan herbal untuk menyembuhkannya, misalnya dengan menggunakan ramuan herbal dari jeruk nipis. Pertama-tama, peras 3 buah jeruk nipis, kemudian campur dalam setengah gelas air panas, tuangkan sesendok madu dan aduk sampai rata. Gunakan ramuan untuk berkumur selama 3 menit sebanyak 3 kali dalam sehari.
Jika Anda ingin tahu cara menyembuhkan radang tenggorokan selain menggunakan jeruk nipis. Silahkan baca artikel mengenai obat radang tenggorokan tradisional yang sempat ditulis oleh Cakrawala Sehat pada kesempatan beberapa waktu lalu.

3. Mengobati Sakit Gigi
Giling akar kecubung hitam dan legetan warak hingga terkumpul masing-masing satu sendok makan, setelah itu campur dengan air jeruk nipis. Tambahkan 3/4 larutan garam ke dalam ramuan tersebut, aduk hingga tercampur. Setelah itu, saring ramuan dan gunakan airnya untuk berkumur beberapa menit. Dalam sehari lakukan 4-6 kali.

4. Mengobati Bagian Tubuh Yang Terkilir
Buat minyak urut dari jeruk nipis untuk mengobati bagian tubuh yang cedera atau terkilir. Caranya, belah tiga buah jeruk nipis matang yang menyimpan banyak air. Setelah itu, masukkan ke dalam poci yang sudah diisi 1/2 cangkir air panas, tutup poci, biarkan proses penyeduhan berlangsung beberapa saat. Pada tempat yang sama, tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura. Gunakan ramuan untuk memijat atau mengurut bagian yang terkilir. Sehabis dipjat, minumlah 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari.

5. Mengobati Masalah Lambung Seperti Maag
Di Amerika, banyak dokter yang menganjurkan penderita maag untuk melakukan pengobatan herbal ringan dengan konsumsi jeruk lemon sebagai obat komplementer maag yang banyak membuktikan hasil baik dari segerombol penderita.
Untuk membuat ramuan ini, Anda bisa lihat tahap-tahapannya berikut:
 1.  Siapkan sebutir buah jeruk lemon.
 2.  Peras jeruknya dan campurkan air perasannya dengan sedikit air putih.
 3.  Minum campuran ini sebelum makan.
 4. Setelah minum ramuan penyembuh maag alami ini, Anda dianjurkan untu makan tak lama sesudahnya.

6. Menurunkan panas demam akibat malaria
Manfaat jeruk nipis untuk obat panas atau demam akibat malaria. Pertama, siapkan 3 lembar daun jeruk nipis, daun kendala, dan 5 lembar daun prasman. Rebus semua daun pada 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Tunggu dingin, saring airnya, bagi menjadi dua untuk diminum pada pagi dan sore hari.


Comments